Kamis, 17 Desember 2015

Pengertian Jaringan WAN dan Contohnya

Pengertian Jaringan WAN dan Contohnya - WAN (Wide Area Network) ialah jaringan computer yg mencakup ruang yg besar juga sebagai scontoh dari macam-macam jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negeri, atau bisa diidefinisikan sebagai jaringan computer yg membutuhkan router & saluran komunikasi publik. 
 
Internet yaitu sample dari jaringan WAN ini Kalau Wide Area Network telah mencakup area intercontinental sehingga dinamakan jaringan info global atau internet.

 
Di Samping pengiriman paket dengan cara datagram, dalam jaringan IP pula dikenal pengiriman paket dengan cara connection oriented di mana sebelum paket dikirim, dilakukan setup koneksi logika dari ruangan asal ketujuan oleh proses paket control dgn request logical connection biar paket suatui nformasi menempuh jalur yg sama.

Mode koneksi ini dinamakan virtual circuit, namun tak seperti pada jaringan circuit switched yg menduduki kanal (bandwidth/resources) dengan cara monopoli, dalam virtual circuit pemakaian resources tetap dalam pola berbagi. secara begitu urutan paket dapat dipastikan, konsisten tingkat kontinuitas real time tak dipastikan, teramat bergantung pada kapasitas & tingkat kepadatan trafik dalam jaringan.

Dgn mode virtual circuit ini mengizinkan sebuah grup organisasi/perusahaan mempunyai jaringan privat (semacam jaringan PBX) dengan cara virtual (dinamakan IP VPN / Virtual Private Network), atau semacam jaringan PBX (Private Branch Exchange) tapi lingkup lokasi tak terbatas seperti PABX dikarenakan jaringan yg dibangun dalam IP VPN bukan dengan cara fisik melainkan dengan cara logika & pembentukan jaringan cuma disaat difungsikan saja maka lingkup jaringan pribadi IP VPN akan mencakup area nasional bahkan internasional.

Jaringan berbasis packet switched lain yg tidak sedikit dikembangkan di AS merupakan jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode). Perbedaannya dgn jaringan IP, bahwa pada jaringan ATM mode koneksi dengan cara total memanfaatkan virtual circuit, sedangkan pada jaringan IP, virtual circuit cuma bersifat option. 
 
Perbedaan lain, paket pada jaringan ATM dinamakan cell senantiasa masih merupakan 53 oktet (Byte) yg terdiri dari 48 oktet payload, 5 oktet header. Sedangkan dalam jaringan IP, ukuran paket tak masihlah.

Tehnologi ATM tidak sedikit dikembangkan di Amerika Serikat (tak dibahas disini).Satu perihal lagi, bahwa jaringan ATM di desain berbasis pelayanan broadband & bakal mengakomodasi pelayanan VBR (Variable Bit Rate) tidak cuma CBR (Constant Bit Rate). Sedangkan design awal jaringan IP berbasis Narrow Band  plelayanan CBR.

Tujuan Jaringan WAN
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yg luas, amat sering mencakup satu buah negeri atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yg bertujuan buat menjalankan program-program penerapan.mesin-mesin ini yang merupakan host.

Istilah End Sistem kadang-kadang serta diperlukan dalam literatur. Host dihubungkan dgn suatu subnet komunikasi, atau pass dinamakan subnet. Pekerjaan subnet merupakan mengambil pesan dari host ke host yang lain, seperti halnya system telpon yg mengambil mengisi pembicaraan dari pembicara ke pendengar.

Dgn memisahkan elemen komunikasi murni satu buah jaringan (subnet) dari aspek- hal penerapan (host), design jaringan komplit jadi jauh lebih sederhana.

Pada sebahagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yakni kabel transmisi & perihal switching. Kabel transmisi (dinamakan pula sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin yang lain.

Element switching merupakan pc kusus yg digunakan utk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Dikala data hingga ke kabel penerima, element switching mesti pilih kabel pengirim utk menyambung pesan-pesan tersebut. 
 
Sangat Disayangkan tak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. baca juga sejarah komputer generasi pertama Namanya teramat berbeda dinamakan paket switching node, intermidiate sistem, data switching exchange & sebagainya.

Sbg istilah generik bagi pc switching, kita dapat memakai istilah router. Namun butuh ketahuan apalagi dulu bahwa tak ada konsensus dalam pemakaian terminologi ini. 
 
Dalam model ini, seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah tiap-tiap host dihubungkan ke Lembaga Administrasi Negara area di mana terdapat suatu router, meskipun dalam sekian banyak kondisi tertentu satu buah host bisa dihubungkan cepat ke suatu router. Kumpulan saluran komunikasi & router (tetapi bukan host) dapat menempa subnet.

Istilah subnet teramat mutlak, tadinya subnet berarti kumpulan kumpulan router-router & saluran-sakuran komunikasi yg memindahkan paket dari host host maksud. 
 
Dapat tatapi, sekian banyak thn setelah itu subnet memperoleh arti yang lain sehubungan dgn pengalamatan jaringan. Pada sebahagian besar WAN, jaringan terdiri dari jumlahnya tidak sedikit kabel atau saluran telephone yg menghubungkan sepasang router.

Jikalau dua router yg tak mengandung kabel yg sama dapat melaksanakan komunikasi, keduanya mesti berkomunikasi dengan cara tidak serta-merta lewat router yang lain. diwaktu satu buah paket dikirimkan dari satu buah router ke router yang lain lewat router perantara atau lebih, sehingga paket dapat di terima router dalam kondisi kumplit, disimpan hingga saluran output jadi bebas, & selanjutnya baru diteruskan.

Subnet yg mengandung prinsip seperti ini dinamakan subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Nyaris seluruh WAN (kecuali yg memakai satelit) mempunyai subnet store-and-forward.

Di dalam memakai subnet point-to-point, masalah desain yg utama ialah pemilihan kategori topologi interkoneksi router. Lembaga Administrasi Negara kebanyakan berbentuk topologi simetris, sebaliknya WAN rata-rata bertopologi tidak menentu.

Jaringan WAN (Wide Area Network) yakni kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yg dihubungkan dgn memanfaatkan sarana komunikasi modem & jaringan Internet, dari/ke kantor pusat & kantor cabang, ataupun antar kantor cabang. baca juga cara instal modem

Dgn system jaringan ini, pertukaran data antar kantor akan dilakukan dgn cepat juga dgn budget yg relatif murah. 
 
System jaringan ini bisa memakai jaringan Internet yg telah ada, buat menghubungkan antara kantor pusat & kantor cabang atau dgn Computer Stand Alone/Notebook yg berada di lain kota maupun negeri. manfaat internet secara umum

Keuntungan Jaringan WAN.
a. Server kantor pusat akan berfungsi sbg bank data dari kantor cabang.
b. Komunikasi antar kantor bisa memakai E-Mail dan Chat.
c. Dokumen/File yg rata-rata dikirimkan lewat fax maupun paket pos, bakal dikirim lewat E-mail & Transfer file dari/ke kantor pusat & kantor cabang dgn anggaran yg relatif murah & dalam dalam waktu yg sangat cepat.
f. Pooling Data & Updating Data antar kantor bakal dilakukan tiap-tiap hri pada diwaktu yg ditentukan.

Perangkat Untuk Membuat Jaringan WAN

Buat mengoneksikan jaringan WAN kita mesti memanfaatkan media kusus yg bekerja sebgai pusat pelayanan, contohnya satelit VSAT
 
VSAT ialah jaringan atau system komunikasi satelit yg terdiri atas sebanyak stasiun remote (terminal VSAT) dgn memanfaatkan antena parabola berdiameter lebih kecil di bandingkan dgn komunikasi satelit yang lain, memanfaatkan satu buah atau sebahagian transponder satelit sbg pengulang (repeater) dgn didukung peralatan pada stasiun & suatu stasiun bumi mutlak.

WAN ialah kumpulan dari sekian banyak LAN yg digabungkan jadi satu buah jaringan baru. Di sini VSAT berperan juga sebagai sarana penghubung antara sebuah jaringan LAN. 
 
Menjadi tiap-tiap jaringan Lembaga Administrasi Negara adalah stasiun terminal. WAN mencakup daerah geografis yg luas, paling sering mencakup suatu negeri atau benua.

Pada sebahagian besar WAN, jaringannya terdiri dari dua komponen : kabel transmisi & element switching. Kabel transmisi memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin yang lain. Element switching yaitu pc husus yg diperlukan buat menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.
 
sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com

Pada system WAN dgn fasilitas VSAT sehingga terkecuali server pada tiap jaringan LAN-nya tetap ada server lain yg lebih besar yg berada terhadap stasiun Hub. Server ini bakal mengontrol komunikasi antar terminal VSAT yg berada di bawahnya. Server yg berada pada stasiun terminal cuma menampung data dari workstation-workstation yg ada di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar