Pengertian Jaringan PAN dan Contohnya

Pengertian Jaringan PAN dan Contoh - Personal area network (PAN) yaitu jaringan komunikasi satu piranti lain dgn piranti yang lain dalam jarak amat dekat, cuma dalam sekian banyak meter saja. PAN atau Personal Area Network yakni titik akses bermacam piranti pribadi spt : pc, handpone, tv, system keamanan hunian berbasis komunikasi data, ataupun piranti komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dgn authoritas pribadi, & utk Tehnologi yg dipakai antara lain Wireless Application Protocol (WAP) & Bluetooth. PAN ini dihubungkan lewat bus yg ada pada computer, seperti USB & Firewire. PAN atau Personal Area merupakan jaringan komputer dipakai utk komunikasi antara perangkat pc,Jangkauan dari PAN rata rata cuma beberapa meter. baca juga macam-macam jaringan komputer

Pengertian Jaringan PAN dan Contohnya

PAN bisa dipakai utk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).
Kegunaan Personal Area Network
Menghubungkan perangkat-perangkat komputer Sbg fasilitas komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Di Samping itu Personal Area Network (PAN) yaitu jaringan computer yg dipakai utk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk juga telpon & asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tak milik orang tersebut.

Jangkauan dari PAN umumnya beberapa meter. PANs akan dipakai buat komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau utk menghubungkan ke tingkat yg lebih tinggi & jaringan Internet (an uplink).

Personal area jaringan kabel bisa saja dengan komputer bus seperti USB & FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga akan dimungkinkan dgn technologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave & ZigBee. baca juga pengertian internet dan intranet

Tehnologi Bluetooth PAN juga dinamakan piconet, & terdiri dari 8 hingga piranti aktif dalam hubungan tuan-budak (yg teramat besar jumlah perangkat yg bisa dihubungkan pada “parkir” mode). Piranti Bluetooth pertama di piconet ialah master, & seluruh piranti yg berkomunikasi dgn slave master. piconet kebanyakan mempunyai jarak 10 m, meskipun berkisar sampai 100 m dapat dijangkau dibawah kondisi ideal.

Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan buat piranti ini amat sangat melebihi jangkauan utk mereka yg pada awalnya didesain. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yg dikenal juga sebagai “Flexilis” sukses tersambung dua piranti Bluetooth lebih dari setengah mil (800 meter) itu. 
 
Mereka memakai antena dgn lingkup & antena Yagi, seluruh terpasang ke senapan saham. terpasang kabel antena ke Bluetooth card di computer. Mereka seterusnya disebut antena “The BlueSniper.”

Skinplex, PAN tehnologi lain, transmit lewat capacitive dekat sektor kulit manusia. Skinplex bakal mendeteksi & berkomunikasi sampai satu m dari tubuh manusia. 
 
Telah dipakai utk kontrol akses utk mengunci pintu & kemacetan perlindungan mobil di atap mobil.

Wireless PAN
WPAN (wireless personal area network) ialah jaringan ruang pribadi utk jaringan yg terpusat disekitar piranti interconnecting perorangan dari kerja – dimana sambungan nirkabel. 
 
Kebanyakan, personal area jaringan nirkabel memakai sekian banyak technologi yg mengijinkan komunikasi dalam ketika kurang lebih 10. Salah satu tehnologi Bluetooth, yg dipakai yang merupakan basic utk satu buah standar baru, IEEE 802,15.


WPAN akan melayani seluruh interkoneksi ke computer & berkomunikasi biasa pada perangkat yg mempunyai banyak orang di meja mereka atau mengambil mereka dgn hri ini – atau dapat melayani tujuan yg lebih kusus seperti memungkinkan ahli bedah & anggota tim yang lain utk berkomunikasi sewaktu satu buah operasi.

Kunci rencana dalam tehnologi WPAN dikenal yang merupakan “plugging dalam”. Dalam skenario yg ideal, apabila Dua-WPAN di lengkapi piranti jadi dekat (dalam sekian banyak meter dari satu sama lain) atau dalam beberapa KM dari server pusat, mereka bisa berkomunikasi seolah-olah mengakses dengan sebuah kabel. Feature utama lain adalah kapabilitas masing-masing utk mengunci piranti dari piranti lain yg selektif, harus mencegah ganjalan yg tak sah atau akses berita.

Tehnologi utk WPAN ialah dalam periode pertumbuhan yg cepat & proses pembangunan. Tujuannya merupakan utk memfasilitasi operasi halus di antara hunian atau business piranti & system. Setiap piranti di dalam WPAN dapat bisa menyambungkan ke perangkat lain yg sama dalam WPAN, asalkan mereka dalam berbagai fisik satu sama lain.

Diluar itu, seluruh dunia dapat WPANs interkoneksi. Jadi, contohnya, satu buah website dalam archeologist di Yunani kemungkinan memakai PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, & utk mengirimkan temuan itu ke database.
 

sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com sonhaj.com
 

Kesimpulan
Personal Area Network (PAN) adalah jaringan computer yg diperlukan utk komunikasi antara computer piranti (termasuk juga telephone & asisten pribadi digital) dekat dari seorang. Piranti barangkali atau tak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN rata-rata sekian banyak m. PANs bisa diperlukan buat komunikasi antara piranti pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau utk menghubungkan ke tingkat yg lebih tinggi & jaringan Internet (an uplink).

0 Response to "Pengertian Jaringan PAN dan Contohnya"

Posting Komentar